Home > Traveling > Parepare

Parepare

Salah satu kota besar di daerah Sulawesi Selatan. Sekitar 3 jam perjalanan ke arah utara dari Makassar dengan jarak tempuh 155 km. Hingga saat ini-pun Parepare di kenal sebagai kota pelabuhan, selidik punya selidik ternyata nama Parepare berasal dari bahas Bugis yang berarti “berlabuh”, entah mengapa nama ini yang pakai, yang saya tahu karena kota ini ada pelabuhannya.

Kalau kata orang kota ini sudah cukup ramai, tapi menurut saya tetap saja masih termasuk kecil, ya namanya juga saya =p. Satu yang saya saluti dari kota ini adalah kota ini bersih, bahkan lebih bersih dibandingkan dengan kota Makassar yang notabennya kota terbesar di Sulawesi Selatan dan pintu gerbang di wilayah timur Indonesia.

Struktur tanah kota Parepare agak sedikit unik. Landai di sebelah pinggir dengan ujungnya pantai disebelah barat, tapi beberapa km kearah timur sudah ada perbukitan, kalo kata orang-orang sih seperti sillicon valley, tapi ga tau juga ya, itu mah katanya.

Bila kita berjalan ke pinggir pantai, akan banyak terlihat kapal-kapal yang sedang berlabuh. Selain di Makassar, di Parepare juga tempat turunnya berbagai macam barang, baik barang kebutuhan rumah tangga ataupun barang-barang lain, bahkan barang-barang dari daerah Batam, maka tak heran kalau disini terdapat jajanan yang berasal dari Batam atau Malaysia.

Selain itu banyak juga kapal asing yang memuat turis luar, mereka berlabuh disini untuk melanjutkan perjalannya menuju Tana Toraja yang memang terkenal dengan tempat wisatanya. Dari sini biasanya para turis menyewa mobil yang sebelumnya sudah banyak me-ngetem di daerah pelabuhan. Selain Tana Toraja ada kota-kota lain seperti Enrekang, Palopo, dan lain-lain.

Fyi, di kota inilah Presiden RI ke-3 kita lahir, Presiden BJ. Habibie.

Categories: Traveling
  1. March 24, 2009 at 2:57 pm

    Memang kota ku bagus banget,indah

  2. ana
    March 31, 2009 at 3:04 pm

    saya lahir n besar di parepare, saya bangga jadi anak daerah parepare. Meski banyak hal yang mesti dibenahi di kota ini, misal pasar, jalanan, kehidupan warga, bangunan sekolah, tapi…. itu ga masalah. insya Allah, saya n teman-teman kelak aktif membangun kota tercinta ini hingga jadi kota impian

  3. umar
    August 13, 2009 at 10:52 am

    kota pare2 emang indah dulu aku pernah tinggal dipare2 waktu pkl di DENPAL .tiap hari aku jalan dikota.pare2 emang indah apalagi senggol yg dekat pantai.

  4. obelix
    November 22, 2009 at 12:40 pm

    kotaku yg indah….

  5. Sampara
    December 12, 2009 at 4:23 pm

    Kota dengan Pantai Lumpue, t4ku menimba ilmu dari SD s/d SMA, dengan Pendekatan Pembangunan Kota Sehat akan tercipta suatu tempat/hunian yang bersih, nyaman, aman dan sehat bagi warganya.

  6. andi
    March 2, 2010 at 12:20 pm

    dulu aq tinggl di pare2 dan juga lahir dsna, skarang aq tiggl di bekasi untuk melanjutka sekolah!!!!!!!

  7. renny
    April 23, 2010 at 7:46 am

    aq org asli semarang tp sbentar lg mau tgl d pare2 ngikut tugas suami,denger critanya dah gak sabar mau lihat kotanya

    • kinko
      April 25, 2010 at 7:11 am

      sep, di tunggu aja nanti kalau sudah disana.

    • a.eveda
      November 29, 2010 at 3:47 pm

      saya asli orang pare-pare, sy pernah sekolah sma di sana tp sekarang sy berdomisili di semarang ikut suami yg sedang tugas, melihat cerita pare-pare saya jadi ingin pulang, kangen dengan pantainya, suasananya dan jajanannya pokoknya ehm….. saya sudah lama ninggalin kota kelahiran orang tua saya,

  8. Nita
    June 18, 2010 at 3:20 am

    Hampir 4 th aq tinggal d parepare krn hrs ikut suami yg tugas dparepare.Seneng dsana krn suasana kotanya sejuk damai,apalagi klo menjelang sore ada namanya pasar senggol. Pantai lumpue jg bersih. Kangen deh rasany dg Parepare.

  9. jasman
    July 1, 2010 at 5:43 am

    kapan parepare bisa lebih meningkat dari yang kota2 lain yang sepertinya lbih meningkat dari pada kota kita, kebanyakan warga kita pergi merantaw keluar daerah dari pada dikota sendiri mencari makan untuk keluarga…..
    dan warga parepare masih banyak pengangguran dibanding dengan mendapat pekerjaan….

  10. jasman
    July 1, 2010 at 5:47 am

    Erlin :
    Memang kota ku bagus banget,indah

    emang bagus tp kenapa masih banyak yang ingin menghancurkan kota yang menurut kamu canti atau indah itu…
    menurut saya kota ini sangat buruk…
    kamu pasti berpikir kenapa aku bilang kota ini buruk…
    karna kota kita ini bisa meningkat klu ngga apa yang korup dan yang lain…
    semua orang hanya mengandalkan uangnya saja…
    kota kita ini bagai hutan rimbah (siapa yang mempunyai banyak uang dia yang berkuasa dan menghancurkan hal yang menurut kamu itu indah, atau kota indah ini….?

  11. jasman
    July 1, 2010 at 5:50 am

    ana :
    saya lahir n besar di parepare, saya bangga jadi anak daerah parepare. Meski banyak hal yang mesti dibenahi di kota ini, misal pasar, jalanan, kehidupan warga, bangunan sekolah, tapi…. itu ga masalah. insya Allah, saya n teman-teman kelak aktif membangun kota tercinta ini hingga jadi kota impian

    saya sangat sependapat ama kamu, tp jika ada seratus orang yang ada diparepare ini, ada 20 orang saja yang berpikiran sama seperti kita, lalu sisanya itu memilih untuk mengahancurkan kota ini, gimana apa keputusan kamu

  12. Andi
    September 12, 2010 at 11:13 pm

    Saya orang yang pernah mengabdi di Parepare, Ide peninggalan saya banyak sekali semoga dapat terawat dengan baik, semisal Rujab Walikota (Alm H.S. Alam Bulu),Rujab Sekda, Ktr Kel. Ujg Bulu,Gedung PKK,Gedung DPRD,Ruang Rapat Binalipu, Kawasan Lapadde Mas, Bilili Mas, Masjid Nurul Ainun Habiebie di Palanro,Dll., dan saya sekarang mengabdi di tempat lain dengan fungsi yang sama sewaktu masih di Parepare.
    Kini Parepare Ku sudah banyak berubah seiring berjalannya waktu dan kian padat,. Mohon ada pembenahan bila ada yang kurang berkenan,..

  13. acil
    September 12, 2010 at 11:50 pm

    udah 18 thn tinggal di pare, dah 3x ganti walikota pendudukx jg berganti2 blm baxk yg berobah, sayang kalo kota yg cantik ini disia2kan , mari qt semua bergandengan tangan tuk membangunx

  14. henza
    November 8, 2010 at 5:47 pm

    ssy lahir dan besar diparepare. tp stelah lulus sd sy pindah ke palu.skrg mlh di tana jawa. rinduku mau plg ke sana. ewako……….

  15. November 18, 2010 at 4:48 am

    Saya pernah sekolah di LumpuE/Parepare dari SD – SMA, sekarang saya kerja dan berdomisili di Surabaya. Saat ada kesempatan liburan ke Parepare, Saya tidak melihat pembangunan yg signifikan dpt di banggakan secara nasional spt saat Saya msh menimbah ilmu di LumpuE (pembangunan satelit bumi di pinggiran kota Parepare), tapi Parepare sangat berkesan di sanubariku, sehingga 3 tahun yg lalu saya kesana lagi untuk beli tanah/rumah di LumpuE untuk sekedar sbg tanda/kenangan bahwa Saya pernah tinggal/domisili disana.
    Teman2 sekolah saya sebagian besar kerja di luar negeri, dan ada jg yg bekerja sbg pns di wilayah sul-sel.
    Yg paling berkesan dan saya sering kunjungi wkt itu Pemandian Pantai Indah LumpuE dan Pasar Malam/Pasar Senggol.

  16. muthiah rina farida
    March 13, 2011 at 11:57 am

    kangen pengen balik…,kpare2 lagi..

  17. herman saribanong
    March 20, 2011 at 1:44 am

    hujan emas dinegeri orang hujan batu dinegeri kita apapun yg namanya negeri leluhur tak akan pernah utk dilupakan, krna disanalah kenangan terindah semasa kecil yg msh menji memory sampai akhir hayat. semoga kotaku tercinta damai selalu dan Insya Allah dalam liburan panjang nanti bisa kembali bernosta;gia dg kotaku hehehehehe……………

  18. Randy
    March 21, 2011 at 5:59 am

    sy SMA d pare2..
    tp skg lanjut kuliah d bandung..
    kangenq sm kotaq… mw sekalima pulang kodonk.. :’9

  19. April 26, 2011 at 2:00 am

    kalo dari bogor jawa barat mau ke parepare dengan biaya ekonomis n cepat harga berapa….

  20. ardhe simoray
    June 25, 2011 at 7:57 am

    saya mungkin perwakilan dari kota tahu sumedang- jawa barat yang pada hari ini sabtu 25/06/2011 kali pertamanya menginjakan kakinya di tanah kelahiranya mantan Presiden RI BJ.HABIEBIE.
    dalam Rangka TOUR dan Penelitian daerah.

  21. Irnawaty
    January 22, 2012 at 2:51 am

    Aku orang sby dn tinggal dikota sby jg, tapi aku punya kenangan yg sngat indah dengan kota pare2…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: