Home > Traveling > bertemu teman lama di tana toraja

bertemu teman lama di tana toraja

Setelah hampir lebih dari satu tahun tidak bertemu, akhirnya saya bertemu dengan kakak kelas saya semasa kuliah di tempat yang tidak pernah saya duga sebelumnya, yaitu di Tana Toraja yang terkenal dengan suku toraja. Ternyata dia sudah lebih dari satu tahun bekerja disana, menjadi salah satu konsultan di PPM (Program Pemberdayaan Masyarakat), salah satu program yang dilaksanakan pemerintah untuk pengembangan desa-desa.

Berangkat jam 17.00, saya agak sedikit pulang cepat dari kantor, saya naik bis LITHA dari km 2 di Parepare. Untuk perjalanan menempuh waktu sekitar 4-5 jam-an, tapi itu juga beberapa kali berhenti. Ketika melewati kota Enrekang ini mejadi perjalanan yang benar-benar tidak dapat saya lupakan, karena pada perjalanan di bus ini saya baru kali ini merasa pusing yang sangat, menurut orang, kalo orang baru pasti akan merasa pusing dan hingga mabuk darat jika melewati jalan. Bagaimana tidak, ibarat mobil, buntut mobil belum lurus dengan badan, hidung-pun langsung bergelok kembali. Jadi, jika anda merupakan pemula menuju Tana Toraja (terutama bagi yang suka mabuk darat), sya menyarakan untuk : (1) minum obat mabuk (2) makan sebelum pergi (3) jagan duduk di belakang (4) cari pangalih perhatian.

Tidak seperti yang saya kira ternyata Tana Toraja lebih dingin dibandingkan dengan Bandung, walhasil semalaman saya tidur kedinginan. Keseokan harinya saya berencana jalan-jalan mengunjungi tempat-tempat yang menarik disini seperti, Londa, Kutukuse, Tilanga, Limbong, dll dan ternyata cuaca agak kurang mendukung di pagi hari sehingga tidak semua tempat bisa saya datangi.

Ketekesu, tempat yang pertama kali saya datangi. Saya datang agak siang dikarekan hujan di pagi hari. Disini merupakan tempat makam adat Toraja yang biasa di datangi turis-turis. Untuk lebih lengkap nanti akan saya ceritakan di lembar tersendiri

Esoknya saya mengunjungi Limbong, yaitu kolam alam yang di kelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi. Indah sekali hingga tidak dapat saya ungkapkan dengan kata-kata. Sama seperti ketekesu, carita Limbong akan saya ceritakan kemudian.

Ada beberapa hal yang bisa saya katakan mengenai Tana Toraja. Selain asri, Tator menurut saya EKSOTIK, sangat jarang melihat suatu tempat dengan suatu adat yang terpelihara dengan baik, tak hanya adat, tapi juga pemandangannya yang begitu indah, cuaca yang begitu unik, route perjalanan yang menantang, baik itu dari Enrekang maupun dari Palopo. Dari semua hal itu saya bisa mengatakan kalau Tator itu eksotik, dan tak heran jika bule-bule senang datang ke tempat ini.

Categories: Traveling
  1. yana
    October 9, 2008 at 6:04 am

    salaam

    mas kinko saya kagum dengan gambar foto anda, kebetulan saya sedang membutuhkan gambar 2 foto pemandangan buat kalender. Apa mungkin kita kerjasama? Balas yah

    Yana
    08122449635

  2. kinko
    October 9, 2008 at 8:30 am

    sudah saya kirimkan balasan saya ke imel mba Yana

    tq

  3. enre
    January 5, 2009 at 8:51 am

    bleh nggak gambarnya di perbanyak, soalnya sy sngat suka gambar mengenai suku toraja.

  4. Dina
    November 12, 2009 at 2:31 am

    COULD YOU SEND ME MORE ABOUT TORAJA PICTURE ? I LOVE THE PICTURE OF TORAJA

    • kinko
      November 13, 2009 at 12:32 am

      ok din, i’ll send it to you🙂

    • kinko
      November 13, 2009 at 12:53 am

      sorry, can u tell me your valid email for sending those photo.thanks

  5. sindresia
    December 1, 2009 at 11:48 am

    foto2 nya bagus… bole saya pinjam dl untuk tgs desain kuliah saya…
    tgs memperkenalkan indonesia.. (visit indonesia). saya butuh gmbr2 yang indonesia skali…:)
    blz yah ke email sindresia@yahoo.com
    makasih sblmnya…^^

    • kinko
      December 11, 2009 at 12:56 am

      silahkan. bila butuh saya masih ada gambar2 yang lain🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

