Home > Iseng > business school for undergraduate

business school for undergraduate

business-school-748386Semenjak tahun 2002, sekolah bisnis untuk program S1 menjadi begitu populer dan di cari-cari oleh para calon mahasiswa karena dirasa jurusan ini merupakan jurusan yang prestisius/ bergengsi dibandingkan dengan jurusan manajemen saja. memang kampus dengan jurusan bisnis sebelumnya merupakan barang langka di negara Indonesia, maka tak jarang meraka para calon mahasiswa berguru di negeri sebrang untuk kuliah dengan jurusan ini, ataupun jika ada, hanya diperuntukan untuk gelas master saja, karena dirasa jurusan bisnis membutuhkan aplikasi dan pengalaman di lapangan.

melihat atusiasme mahasiswa yang begitu besar, maka tak heran jika banyak lembaga pendidikan yang mencoba untuk membuka jurusan ini dengan harapanakan banyak mahasiswa yang mendaftar. lembaga yang sebelumnya hanya membuka untuk program bisnis untuk S2 saja membuka untuk S1 juga, contohnya, IMT, PPM, IPMI, Prasetya Mulya. selain itu lembaga pendidikan yang sebelumnya di khususkan hanya untuk teknik saja tergoda juga untuk membuka program studi ini, contohnya, ITB dan ITHB. atau bahkan ada yang benar-benar baru seperti Bakrie school.

apa sih yang membuat lembaga pendidikan ini berani membuka program studi ini? satu, karena perhitungan dari sisi bisnis. seperti yang kita ketahui intestasi dalam bidang pendidikan merapakan investasi jangka panjang, hasilnya tidak akan terlihat dalam jangka waktu 5 tahun, minimal itu 10 tahun karena membutuhkan proses feedback nama baik dari para alumnusnya. lalu? fyi, biaya yang dikeluarkan mahasiswa untuk program studi ini bisa dikatakan mahal, satu semester bisa minimal 7 juta atau bahkan lebih. jadi dalam hal ini lembaga pendidikan bisa mendapatkan beberapa keuntungan: (1) semakin banyak mahasiswa yang terdaftar di lembaga pendidikannya, (2) semakin banyak cash yang masuk ke lembaga, (3) melebarkan sayapnya di bidang pendidikan walaupun harus keluar dari ke “identikan” kampus tersebut.

ada salah satu pionir sekolah bisnis di Indonesia, yaitu STMB Telkom, saat ini dikenal sebagai IMTelkom pada tahun 1997 membuka program studi manajemen bisnis dan lenih terkonsentrasi ke industri telekomunikasi. setelah berturut-turut pada tahun 2003 IPM memulai angkatan pertamanya, SMB ITB pada tahun 2004, dan seterusnya.

berikut adalah list sekolah bisnis S1 terbaik menurut versi diskusi dengan beberapa teman (ya,mungkin sifatnya lebih subjektif):

1. Institut Manajemen Telkom (IMT)
2. School Business Management ITB (SBM ITB)
3. IPMI
4. PPM
5. Institute Teknologi Harapan Bangsa (ITHB)
6. Presetya Mulya Business School
7. Bakrie School
Categories: Iseng
  1. July 4, 2008 at 2:18 pm

    kayaknya sedikit narsis nich :-p

  2. kinko
    July 11, 2008 at 11:15 am

    wah emang sih, tapi dasarnya kuat kok…😀

  3. dream
    October 8, 2009 at 4:13 am

    hei2… di omongin lagi soal im telkom…
    jd pengen tau dehhh……

    • kinko
      October 8, 2009 at 4:39 am

      @dream : silahkan, apa yg ingin di tanyakan?🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: