Home > Iseng > next generation network

next generation network

10 tahun yang lalu, kita tidak akan bisa menyangka bahwa industri telekomunikasi akan menjadi seperti ini. Persaingan multi operator, price war, dan berbagai macam bonus yang di tawarkan operator agar tetap bisa bertahan menjadi pelanggan. Saat ini adalah masa transisi industri telekomunikasi ke arah yang lebih modern, yang sedang mengalami proses implementasi NGN (Next Generation Network), dan bila berjalan sesuai dengan rencana, 6-7 tahun lagi kita bisa menggunakan fasilitas ini.

Proses tansformasi NGN ini merupakan proses 2 arah dengan gaya hidup yang sedang kita jalani saat ini. Gaya hidup yang serba mudah, dengan proses yang sederhana, flexibel dan kemapuan mobility dengan produk yang mengarah pada sentuhan pribadi pengguna layanan akan menjadi lebih lifestyle di masa mendatang. Evolusi menuju lifestyle masa depan tersebut akan dapat terwujud seiring tersedianya seamless dan ubiquitous connestivity yang memadai dan merupakan konvergensi dari berbagai teknologi infrastruktur.

What is NGN?

NGN atau Next Generation Netwwork adalah suatu jaringan masa depan dimana semua layanan akan disediakan oleh satu jaringan. Jika kita dulu mengenal jaringan untuk layanan voice itu sendiri, data sendiri, dan tv-pun sendiri, nanti bila NGN sudah terimplementasikan maka kita hanya butuh satu jaringan untuk mendapatkan berbagai macam layanan. Yang dikenal dengan nama Triple Play. Tiga layanan yang dimaksud adalah voice, data dan video.


Tak hanya itu, nanti kita akan lebih bebas lagi melewati batas ruang dan waktu (anyone, anytime, anywhere).

Telekomunikasi di dunia sudah lama mengenal NGN, bahkan negara-negara maju implementasi ini sudah di lakukan. Sebetulnya di Indonesia-pun NGN sudah lama bergaung, bahkan sebelum tahun 2000 implemetasi NGN sudah ada dalam wacana untuk di lakukan, tapi kenapa tidak dilakukan..?

ada beberapa alasan mengapa implementasi ini tidak dilakukan:

1. Regulasi, tentu saja pemerintah. Dengan pertimbangan saat itu teknologi, penetrasi dan teledensitas di Indonesia masih terlalu rendah.

2. Budaya, bila kita melihat kebelakang, budaya telekomunikasi di Indoensia hanyalah sebatas suara, orang hanay ingin berbincang-bincang, HP-pun masih sedikit yang memilikinya. Jika pada saat itu langsung di implemetasikan NGN akankan terbayangkan, fasilitas yang kita kenal akan berubah 180 derajat dan apakah masyawakat Indonesia sudah siap untuk menerimannya.

3. Bisnis, ini juga menjadi faktor utama. Tanpa di dukung oleh perusahaan dan industri terkait hal ini sangatlah mustahil. Perusahaan penyedia perangkat telekomunikasi, ei, ericsson, nokia, samsung, sonny, ect belum tentu bisa mensupport untuk perangkat teknologi ini.

Mungkin sebagai konsumen akan berpikir, apa manfaat kita sebagai konsumen dengan hadirnya NGN ini. Jika kita lihat bahwa sebetulnya lebih menguntungkan operator saja itu salah. Ada beberapa manfaat yang akan kita dapatkan sebagai konsumen:

kualitas, dari sisi kualitas, tentu saja kita akan dapatkan. Kualitas suara lebih jernih. Untuk data, kecepatan upstream dan downstream yang tinggi. TV kita tidak perlu lagi takut akan gangguan gambar yang jelek jika cuaca buruk, tidak perlu lagi memasang antena untuk siaran lokal, dan tidak perlu lagi membeli parabola untuk menikmati tv cable.

Biaya, tentu saja akan semakin murah. Layaknya efek domino, jika industri tsb semakin murah maka harga yang ditawarkan ke konsumen akan semakin murah.

Saat ini ada beberapa operator telekomunikasi sebagai penyedia backbone-nya yang sedang mengimplementasi kan NGN ini dengan jaringan fiber, yaitu Telkom, Powertel, Lintasarta, Icon+

Categories: Iseng
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: