Home > Iseng > Price War in Off-Peak Time

Price War in Off-Peak Time

Semenjak di bukanya keran persaingan di industri telekomunikasi persaingan di industri ini semakin bergairah, para operator baru dengan modal yang tidak sedikit mulai berlomba untuk mendapatkan profit. Tapi belakangan ini persaingan menjadi tidak sehat, iklan-iklan yang sangat tidak sehat selalu bermunculan di televisi, tak hanya dalam olah raga saja para pemain harus menjunjung tinggi sportivitas tapi juga dalam dunia industri juga di perlukan terutama di bidang marketing.

Dalam hitungan hari iklan yang di tanyangkan di televisi pasti akan segera berubah, dan dalan hitungan hari pula strategi pormosi segera berubah. Price war adalah tema perang kali ini, semua operator berlomba-lomba menawarkan tarif yang paling murah dan menarik kepada konsumen, mohon maaf jika saya tidak menyebutkan dan memeakan promosi tarif mereka apa saja, seminggu setelah tulisan ini di muat pasti tarif yang berlaku akan berubah.

Tapi ada satu yang paling menarik adalah beberapa dari operator ini pasti menawarkan tarif termurah mereka pada waktu tengah malam menjelang pagi hari. Sebetulnya pemilihan waktu ini bkan merupakan hal yang baru, semenjak beberapa tahun yang lalu-pun strategi pricing yang memilih waktu tengah malam sudah di lakukan tapi karena pada waktu itu jumlah pemain baru sedikit dan tidak seperti sekarang, kita sebagai konsumen seakan-akan di suapi oleh iklan.

Ada beberapa hal mengapa operator selalu memilih waktu ini sebagai waktu termurah mereka:

<!    1. Waktu pada jam tersebut bukan merupakan peak time.

Operator menyediakan line jaringan dengan suatu kapasitas tertentu demi kelancaran layanan telekomunikasi, semakin banyak pelanggan suatu operator maka semakin besar pula line yang harus di sediakan terutama pada peak time. dan apa yang terjadi pada off-peak time, “akan banyak line yang tidak terpakai”, “tepat sekali”. Sebagai gambaran kita ibaratkan sebagai saluran air, semakin banyak air maka di perlukan saluran yang banyak untuk mengalirinya dan air itu merupakan sumber pendapatan mereka, bila saluran itu tidak terpakai karena tidak ada air yang mengalir maka mereka tidak mendapatkan apa-apa padahal mereka sudah membayar mahal untuk menydiakan saluran itu.

Dan tidaklah rugi dan tidaklah aneh jika operator memilih waktu tersebut karena pada awalnya operator sudah memprediksi bahwa pada jam tersebut (00.00-06.00) tidak mendapatkan apa, jadi, daripada nganggur lebih baik di manfaatkan.

<!    2. PromosI

Saya jadi teringat kutipan salah satu direktur perusahaan swasta ketika memberikan sambutan pada pelantikan pejabat baru. Direktur itu menyebutkan filosofi rokok. Dari hasil penelitian, kata direktur tsb, tak ada perokok pemula yang membeli rokok. Pasti dimulai dengan mencoba punya teman, atau minta ke teman atau malah mengambil punya bapaknya. Artinya apa? Sebelum dia menikmati untuk selanjutnya menjadi seorang pecandu maka biasanya mencoba dulu. Nah, ini juga harus kita terapkan untuk menjual produk-produk kita. Pada awalnya berikan secara gratis dulu kepada masyarakat. Biarkan mereka mencobanya, menikmatinya dan menjadi pecandu produk-produk kita.

Terkait masalah price war, kosumen menyukai segala sesuatu yang murah, terutama segmen yang sangat sensitif akan masalah harga, dan komposisi segmen tersebut tidaklah sedikit dan untuk memikatnya di perlukan suatu pengorbanan agar konsumen tersebut bisa merasakan sendiri manfaat yang di dapatkan dengan mecoba tarif murah di waktu tengah malam karena sifat dari segmen ini adalah senang mencoba segala sesuatu yang baru, tidak setia dan tidak konsisten.

Sesuai dengan prediksi para ahli, bahwa ARPU dalam industri ini akan segera jatuh, hal ini bisa kita lihat gejala awalnya dengan adanya price war ini. Jadi kita nantikan perang dengan tema lain dalam industri telekomunikasi ini.

Categories: Iseng
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: