Home > Obrolan Warung Kopi > Jurusan Baru IM Telkom

Jurusan Baru IM Telkom

Saya tidak menyangka bahwa tulisan saya tentang pergantiam nama dari STMB Telkom menjadi IM Telkom mengundang banyak pertanyaan tentang IM Telkom. Ada beberapa point, yang sepertinya kurang di perjelas dan masih banyak yang sedikit bingung terutama masalah jurusan.

STMB Telkom merubah namanya menjadi IM Telkom pada bulan Maret 2008. Dan pada saat yang bersamaan membuka jurusan baru untuk melengkapi kemajuan kampus.

picture15

Selama kurang lebih 11 tahun (1997-2008) di IM Telkom hanya ada 1 jurusan yaitu MBTI (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika). Penambahan jurusan baru sangat di dukung dari pihak alumni, karena hal tersebut sudah lama menjadi wacana dan baru pada tahun 2008 terlaksana. Dan sangat di harapkan dengan penambahan jurusan baru ini tidak mengurangi kualitas dari kampus itu sendiri serta tidak menghilangkan identitas nama IM Telkom dengan jurusan MBTI yang selama 11 tahun menjadi primadona dan menjadi satu-satunya kampus yang mengenalkan jurusan Manajemen Telekomunikasi untuk S1.

Munculnya jurusan baru, mengundang banyak pertanyaan: “Bagaimana kualitas jurusan baru itu?”, “Apa akreditasi jurusan barunya?”, dll. Saya mencoba menjawabnya menurut pandangan saya.

1. Kualitas jurusan baru, tentu saya karena baru, belum sebaik dengan jursan yang lama tapi saya yakin jurusan baru tidak kalah dengan jurusan yang lama (MBTI), karena IM Telkom selama ini selalu mengedepankan kualitas. Dan pencarian differensiasi masih dilakukan di bandingkan dengan jurusan sejenisnya di kampus lain.

2. Akreditasi, sampai saat ini jurusan baru belum mempunyai akreditas, karena untuk mendapatkan suatu akreditas itu butuh waktu min. 2 tahun dan 4 tahun untuk akreditas A. Proses akreditasi itu: (1) 2 tahun  pertama jurusan baru itu tidak ada status akreditas. (2) setelah 2 tahun, bisa di usulkan untuk memperoleh akreditas, tapi tidak bisa langsung mendapatkan akreditasi A, max B. (3) lalu setelah 2 tahun berikutnya, bisa di usulkan untuk mendapatkan akreditasi A.

Jadi bisa dikatakan butuh 4 tahun untuk mendapatkan akreditasi A. Mendengar hal ini tentu saja para calon mahasiswa baru kecewa, tapi menurut saya disitulah letak tantangannnya. Anda akan merasa bangga sekali bila dalam proses akreditasi jurusan menuju A anda turut berperan dan terlibat dalam hal peningkatan kualitas. Anda menjadi pionir dalam proses menuju kampus yang terbaik.

Categories: Obrolan Warung Kopi
  1. can
    April 8, 2009 at 10:50 am

    y,,,

    blh,,,

    tp gmn nasib prospek kerja kita sendiri kedepan???

  2. kinko
    April 9, 2009 at 3:48 pm

    @ can
    alhamdullillah saat ini nama IMT sudah banyak di kenal di berbagi industri, khususnya di industri telco. dan mengenai prosper kerja setelah lulus, saya yakin para alumni bisa cepat berkarya di bidanya masing2. tapi tentu saja harus disertai usaha yang sebanding dan tidak semata-mata mengandalkan nama kampus saja🙂

    trims

  3. dream
    October 8, 2009 at 3:20 am

    baru di baca ni tulisan mu…
    menurut mu, prospek kedepan setelah lulus dari IMT tuh gmn ya?? dulu kan kata orang2 lulusan TELKOM masa depan cerah walaupun gak bekerja di TELKOM nya…
    Ngomong2 Anda sendiri mahasiswa telkom?

    • kinko
      October 8, 2009 at 4:47 am

      @dream: alhamdulillah sampai saat ini prospek lulusan IM Telkom cerah, mereka saat ini sedang meniti karir di bidangnya masing2.
      – untuk yang memilih menjadi pegawai, sudah banyak yang bekerja di perusahaan2 ternama.
      – untuk yang memilih wirausaha, pengembangan usaha di berbagai bidang berbeda2 sedang dilakukan.

      tentu saja itu tidak bisa menjadi patokan, sifat dan kerja kersa individu masing2 diperlukan untuk melangkah kesana. tidak hanya terpaku pada mata kuliah yang di ajarkan di kampus, di perlukan keahlian lain untuk menunjang semua itu. satu yang pasti, IPK bukan menjadi patokan utama keberhasilan.

      yup, saya sendiri alumni dari IM Telkom

  4. amelia
    March 29, 2010 at 6:56 am

    kalo akreditasi untuk jurusan selain mbti apa aja??
    khususnya ilmu komunikasi..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: