Home > Obrolan Warung Kopi > Jangan Terpengaruh Kaya Cepat Lewat Internet

Jangan Terpengaruh Kaya Cepat Lewat Internet

Postingan yang sangat menarik🙂

Setelah membaca komentar-komentar yang belakangan muncul di tulisan lama, sekaligus pula menimpali tulisan Richard di blognya, kok miris juga ya melihat beberapa blogger baru yang menulis blog hanya karena uang sebagai motivasi utamanya. Mereka berharap bisa mendapatkannya dengan cepat pula!

Apakah ini karena semakin banyaknya situs-situs penjual mimpi yang makin banyak bermunculan? Perhatikan pula iklan-iklan teks kontekstual buatan lokal. Hampir semua iklan-iklan yang muncul di sana juga menjanjikan hal serupa. Kesannya, mendapatkan penghasilan dari internet itu instan dan besar. Apalagi cuma sekedar menulis dari blog? Haha, mana mungkin!!!

Di dunia ini nggak ada yang instan. Kalau semua serba instan, semua orang Indonesia sudah jadi kaya sekarang. Nyatanya nggak kan? Pendapatan melalui blog hanya bisa diperoleh kalau blog kita menyuguhkan sesuatu yang berharga di dalamnya. Hal itu bisa berupa informasi ataupun barang. Kalau memang kita memiliki informasi atau barang yang memang memberikan manfaat, akan selalu ada pengunjung yang datang. Namun kalau isi blog kita adalah ’sampah,’ janganlah berharap ada kunjungan ulang dari orang tersebut.

Informasi bisa berupa tulisan berbagi pengetahuan, opini suatu produk/jasa, hingga tips yang lekat dengan pengalaman hidup kita sehari-hari. Informasi menjadi bernilai bila apa yang dituliskan itu unik, memberikan manfaat, dan bisa jadi kontroversial. Kalau barang yang dijual melalui blog, maka sebaiknya barang itu adalah barang nyata, yang ada bentuk fisiknya. Blog dimanfaatkan sebagai alat untuk berdagang. Lihatlah Pasar Batik atau Toko Helmebook yang dijual ratusan ribu rupiah, padahal isinya bisa didapat dengan gratis di internet. sebagai contohnya. Bukan barang seperti

Lalu pendapatannya dari mana? Kalau produknya barang, jelas dari penjualan barang tersebut. Barang laku, pendapatan pun masuk. Kalau produknya berupa informasi, upaya mendapatkannya memang lebih susah. Untuk blog yang berbahasa Inggris, pilihannya cukup banyak dari iklan teks kontekstual, melakukan ulasan berbayar, hingga menjual produk toko lain melalui kode referral (rujukan). Kalau blog berbahasa Indonesia, pendapatan bisa didapat dari layanan iklan teks kontekstual lokal, hingga pemasangan banner. Untuk pemasangan banner, si blogger harus aktif mencari klien. Nggak bisa sekedar diam menunggu saja.

Yang selalu dilupakan sebenarnya adalah pendapatan tidak langsung. Bila isi blog kita fokus pada bidang tulisan tertentu, secara tidak langsung kita membangun personal branding diri kita. Kita akan dipersepsikan oleh pembaca kita sebagai blogger yang ahli dalam bidang itu. Apalagi kalau yang kita tuliskan itu relevan dengan apa yang kita kerjakan sehari-hari. Blog akan membantu sebagai tools mengenalkan keahlian kita kepada orang lain (baca: calon klien). Bisa jadi, peluang penghasilan berupa proyek pun datang dari mereka.

Baik pendapatan langsung maupun tidak langsung, nggak ada yang bisa didapat secara instan. Semua harus dibangun dengan kerja keras. Baca tipsnya di tulisan ini. Nggak gampang dan seketika jadi. Membangun blog nggak berbeda dengan mereka yang punya toko selular atau komputer. Sebegitu banyaknya toko selular dan komputer di negeri ini, sehingga perlu cara unik untuk mendatangkan pengunjung baru dan mempertahankan pengunjung lama. Blog ada jutaan, dengan ratusan ribunya berasal dari Indonesia. Nggak mudah membuat sebuah blog menjadi unik dan menonjol di antara blog-blog lainnya.

Saat blog menuai penghasilan pun, jangan berekspektasi tinggi. Nilai yang didapat dari sebuah blog itu nggak seberapa besar, apalagi yang didapat dari pendapatan langsung. Sebagai perbandingan, waktu blog ini masih memasang AdSense, pendapatan per bulan yang didapat tidak sampai Rp. 300.000/bulan. Blog Media Ide ini memiliki unique visitors 30.000/bulan dan pageviews 40.000/bulan. Jadi silakan menghitung sendiri target per bulan yang ingin dicapai, dan pikirkan sendiri bagaimana meningkatkan kunjungan ke blog (atau banyak blog) yang kita punya. Sebaliknya, penghasilan tidak langsung yang didapat dari blog inilah yang tinggi, karena sudah beberapa kali ada calon klien yang mengkontak dan terkonversi menjadi sebuah proyek bernilai puluhan juta, hanya gara-gara mereka pernah membaca blog ini.

Jadi sejak sekarang, jangan sekali-sekali berpikir dan berharap bisa kaya cepat lewat internet. Itu hanya ilusi belaka. Kalau memang di antara Anda memang ternyata pernah ada yang mendapatkannya dalam waktu cepat, mudah-mudahan hal itu tidak dilakukan dengan melakukan penipuan halus ala menjual ebook ratusan ribu rupiah!

PS: Judul di atas sengaja pakai “Kaya Cepat Lewat Internet” supaya para pencari info itu mampir ke blog ini dan mudah-mudahan sadar setelah membaca tulisan ini. :D

source

Categories: Obrolan Warung Kopi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: