Home > Iseng > New Telkom, New Momentum

New Telkom, New Momentum

Telkom_New LogoAkhir Oktober 2009 kemarin Telkom merubah logo lamanya menjadi logo yang baru. Logo lama dengan bentuk lingkaran biru terputus-putus dengan tulisan Telkom Indonesia dibawahnya harus mengakhiri masa abdi-nya selama ±18 tahun dan digantikan dengan logo yang lebih dinamis, sebuah lingkaran atau bisa di katakatan garis tebal membentuk  lingkaran dengan perpaduan warna biru tua dan biru muda yang melambangkan dunia lalu lingkaran tersebut di lengkapi dengan gambar telapak tangan berwarna kuning yang mengartikan bahwa dunia dalam genggaman tangan anda.

Tagline-pun mengikuti logo, tagline “committed 2 u” berubah menjadi “The World In Your Hand”, menandakan bahwa perubahan Telkom mengikuti dunia yang terus berkembang.

Perubahan logo lama yang terkesan kaku dan merubahnya menjadi logo yang tampak lebih dinamis dan telihat sebagai logo-nya anak muda. Ternyata yang diharapkan Telkom seperti itu, untuk menghadapi tantangan saat ini dengan perubahaan teknologi dan bisnis semakin cepat diperlukan orang-orang yang berjiwa muda, kreatif dan dinamis. Perubahan ini juga di inspirasi dengan membandingkan brand-brand perusahaan telekomunkasi di eropa, seperti BT (British Telecommunication) dan Orange (France Telecom).

Dari perubahan ini, diharapkan image Telkom yang berada paling bawah dan terkesan bahwa brand-nya terlalu generic dan dalam posisi diantara tangible dan intagibles akan minimal menyamai BT (nomer 1) dari sisi brand.

Posisi Brand Telkom

Suatu keputusan untuk melakukan suatu perubahan tentu saja buknalah seutu keputusan yang mudah dan dapat di tentukan dalam waktu yang singkat, diperlukan suatu pertimbangan yang matang dari segala sisi. Di era kompetisi di industri telekomunikasi yang semakin lama semakin terbuka dan semakin mudah di masuki (saat ini ada 11 operator), yang menandakan barriers to entry dalam industri ini semakin lama semakin menurun.

Telkom di kenal sebagai BUMN yang bergerak di industri jasa telekomunikasi dan terbesar di Indonesia ingin merubah image-nya yang notaben sebagai perusahaan incumbent yang dikenal arogan (sebesar 46%) menjadi suatu organisasi yang siap berkompetisi dengan para pesaingnya di industri telekomunikasi dan merubah ke-arogan-nya menjadi sebuah perusahaan yang inovatif.

saat ini banyak perusahaan tidak lagi memandang logo = brand, tapi logo = reputation, mengganti logo berarti mengganti dan menaikan reputasnya, meningkatkan derajatnya di bandingkan para kompetitornya.

Stakeholder indicate a need for a change

Telkom saat ini seperti yang telah kita ketahui sedang menjalani proses transformasi di segala aspek , bisnis, sdm, infrastruktur serta budaya. Perubahan logo adalah salah satu bagian dari proses ini. Bila suatu perusahaan di ibaratkan sebagai mobil, perubahan dari aspek sdm, infrastruktur serta budaya adalah memperbaiki dan mengganti onderdil-onderdil yang kurang berfungsi dengan baik ke yang lebih bagus, yang tentu saja dapat membuat mobil ini dapat melaju lebih cepat, sedangkan pergantian logo ini adalah mengganti tampilah luar mobil tersebut, mobil di cat ulang, mengganti cat yang lama yang sudah old fashion dengan warna cat yang lebih cocok dengan trend saat ini, di tambahi dan di kurangi asesoris yang di perlukan, didandani sehingga cocok untuk dipergunakan saat ini dan masa mendatang.

Categories: Iseng
  1. October 26, 2009 at 7:14 am

    Secara pribadi gw ngeliat Telkom lebih Fresh dengan New Brand nya. Semoga Telkom bener2 berhasil jadi perusahan yang berbisnis TIME pertama di Indonesia & give total solution to customer.

  2. December 10, 2009 at 11:17 am

    Excuse me for being offtopic – which WP theme do you use? Looks great!!

    • kinko
      December 11, 2009 at 1:06 am

      “Ocean Mist” WP Theme. but unfortunately when i look again this theme is gone.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: