Home > Iseng > Indonesia’ Top Site

Indonesia’ Top Site

Dini hari [22-11-2009] saya iseng-iseng buka situs yang menampilkan rating situs-situs yang ada di seluruh dunia, Alexa. Iseng saya liat situs apa yang paling banyak di akses oleh para netter Indonesia, hasilnya sungguh diluar dugaan saya google.co.id yang selama ini selalu setia berada di peringkat 1 harus rela turun peringkat ke posisi dua dan di gantikan oleh facebook.

Surprise…? yup, jujur saya tidak pernah membayangkan posisi google tergantikan oleh facebook.

Ini menandakan bahwa netter di Indonesia ketika pertama kali connect to the internet is always connect to facebook. Disatu sisi saya gembira karena masyarakat Indonesia mulai menaruh perhatian kepada jejaring social dan selalu menggunakannya untuk berinteraksi dengan yang teman-teman-nya di seluruh dunia. Tapi disisi lain itu menandakan pamor google mulai menurun sebagai situs yang  selalu di buka ketika connect ke internet. Dan ternyata itu tak hanya berlaku di Indonesia saja, Negara-negara tetangga kita juga mengalami hal serupa, Malaysia, Singapore, Philippines menunjukan bahwa facebook adalah situs yang paling sering di buka. Sedangkan untuk negara-negara yang lebih maju, Germany, France, England, USJapan, Finland tetap google nomer wahid, facebook berada pada posisi 2-10.

Trend ini tentu saja  dipengaruhi oleh banyak factor:

[1] Pertama berasal dari para operator. Maraknya penjualan mobile phone bundling yang dilengkapi oleh kemampuan koneksi internet in anywhere  and anytime merupakan factor utama. Selalu adanya menu facebook pada setiap mobile phone membuat pasa user tidak perlu lagi mengetik satu persatu alamat sitenya dan juga bilamana mereka (netter) tidak tahu alamat situs facebook tidak perlu lagi mencarinya di google, mereka hanya tinggal meng-klik menu aplikasi yang ada di mobile phone mereka. Kita lihat saja program-program bundling mobile phone + Staterpack + paket layanan data + beragam content yang tersedia, Blackberry, Nexian Bery, Flexi Muslim, iPhone, dan yang lainnya.

[2] Perilaku netter Indonesia, facebook saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Kita lihat saja, setiap mereka (netter) itu berganti aktivitas yang mereka lakukan pertama kali adalah mengganti status mereka. Tentu kalian masih ingat pada tanggal 2 September 2009 kemarin ketika Jakarta terkena gempa, yang lucu dari kejadian ini adalah ketika mereka sudah merasa aman yang pertama kali mereka lakukan adalah sibuk meng-up date status mereka dengan status “gempa” bukan menelpon orang rumah untuk menanyakan kabar mereka. Hahaha….konyol.

Yang menjadi pertanyaan, sebegitu pentingkah facebook bagi masyarakat Indonesia.

Categories: Iseng
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: