Home > Storytelling > Ego

Ego

Rasa ego akan muncul ketika kita telah lama hidup bersama-sama, hidup satu tempat kos, satu tempat kontrakan, satu tempat kerja, satu asrama, dan lain-lain.  Sifat egosentrik tumbuh seiring dengan lamanya bersama. Alasan utama adalah ketidak cocokan antara satu sama lain baik itu sifat, perilaku dan omongan. Dengan alasan toleransi sudah terlalu banyak berikan kepadanya tapi ternyata dia yang tidak mau merubahnya. Wow, such a ego.

Ketika pertama kali bersama sifat itu tersembunyi dengan baik, rasa senasib sepenanggungan, teman baru dan belum mengenal sifatnya yang lain dan kemudian mereka sangat akrab, mungkin dikarenakan saat itu mereka belum mempunyai banyak teman sehingga mereka bisa menerima apapun dan siapapun dalam kondisi sedemikian rupa.

Tak dapat di pungkiri itulah manusia, selalu ingin bahwa orang lain dan orang di sekeliling kita yang harus mengetahui siapa kita luar dan dalam, harus mengetahui kapan kita sedang gembira, sedih, tertawa, serta marah. Seakan-akan dunia selalu berpusat padanya.

Si A dongkol kepada si B yang beranggapan bahwa si B tidak sadar dengan perilakunya yang merugikan orang banyak, begitu juga si B yang dongkol kepada si A yang kerjanya terus mengomel tanpa mau merubahnya. Wah kalau seperti ini kasusnya jadinya seperti apa dong, semua orang tidak sadar dengan kesalahannya sendiri dan cenderung menyalahkan orang lain.

Bukanya ingin menggurui atau sok tahu, tapi setahu saya rasa kesal itu muncul karena kurangnya komunikasi, toleransi dan ego mereka yang besar . Kekesalan-kekesalan kecil yang mereka perbuat satu sama lain yang  mereka terus pendam yang akhirnya pecah menjadi kemarahan yang berujung pada kebencian. Yang kemudian untuk memulai sebuah percakapan antara mereka sangatlah sulit di karenakan sifat gengsi atau ego mereka yang teramat tinggi.

Semua orang punya batas toleransi, tapi saya yakin setiap orang juga punya sifat pemaaf.

Categories: Storytelling
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: